A. Perilaku konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan denan pencarian, prmilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevakuasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan .

B. Pendekatan kardinal dan ordinal

 Pendekatan karadinal atau sering di sebut dengan teori nilai subyektif: pendekatan ini dianggap manfaat atau kenikmatan seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif/ dapat di ukur, dimana keaeimbangan konsumen dalam meamaksimumkan keouasan atas konsumsi berbagai macam barang, dilihat dari seberapa besar uang yang di keluarkan untuk membeli unit tambahan dari berbagai jenis barang yang akan memberikan nilai guna yang sama besarnya.

 Pendekatan nilai guna ordinal sering disebut analisis kurva indeverense: manfaat yang di peroleh masyarakat dari mengkonsumsikan barang-barang tidak kuantitif/ tidak dapat di ukur. Pendekatan ini muncul karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang ada pada pendekatan kardinal tidak memiliki kelebihan.

C. Definisi elastisitas
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variabel lainnya. Dengan kata lai elastisitas mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.

D. Macam-macam elastisitas
1. Elastisitas harga
Membahas perbandingan / ratio presentase perubahan kuantitas suatu barang yang diminta atau yang di tawarkan dengan presentase perubahan harga barang itu sendiri.
2. Elastisitas silang
Membahas perbandingan/ ratio presentase perubahan kuantitas suatu barang yang diminta atau yang ditawarkan dengan presentase perubahan harga brang lain.
3. Elastisitas pendapatan
Membahas perbandingan/ ratio presentase perubahan kuantitas suatu barang yang diminta atau yang ditawarkan dengan presentase perubahan income/ pendapatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Gunadarma

Follower