A. Masalah Pokok Ekonomi
Masalah-masalah pokok ekonomi diantaranya adalah:
• Produksi
Kegiatan produksi adalah usaha menciptakan atau meningkatkan nilai guna suatu barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan. Produksi tetap lekat dengan masalah ketersediaan sumber daya dan peluang pasar. Tingkat produktifitas barang/jasa sangat ditentukan oleh dua hal tersebut. Dapat dibayangkan jika pasar begitu besar akan tetapi sumber daya yang dibutuhkan tidak mencukupi untuk produksi dalam skala tersebut. Atau sumber daya mencukupi akan tetapi permintaan pasar rendah, tentu saja hal ini akan membuat produsen menurunkan produktifitasnya.
• Konsumsi
Konsumsi adalah segala kegiatan yang menyangkut pemenuhan kebutuhan dan mengurangi/menghabiskan nilai guna barang/jasa. Seiring dengan waktu, kegiatan konsumsi terus meningkat sesuai dengan keadaan penduduk dan tingkat ekonomi. Di indonesia sendiri kegiatan ekonomi konsumsi dapat di bilang cukup besar untuk skala internasional mengingat banyaknya jumlah penduduk di Indonesia.
• Distribusi
Distribusi dilakukan dalam upaya penyaluran barang/jasa dari produsen kepada konsumem. Distribusi tidak hanya dilakukan sekali, tapi dilakukan berkali-kali, gambarannya : barang dari produsen diambil oleh distributor, kemudian pada pengecer mengambill dari distributor untuk sampai ke konsumen.

B. Sistem Perakonimian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

C. Permintaan dan Penawaran
Permintaan dan penawaran adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga pada waktu tertentu. Sedangkan permintaan adalah ketika sedang terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu..

D. Hukum Permintaan dan Penawaran
Hukum permintaan berbunyi, “Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan”.
Hukum penawaran berbunyi, “Apabila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga”.

E. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Selera
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan.
2. Pendapatan konsemen
Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli komsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
3. Harga barang atau jasa pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang dan jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan.
4. Harga barang atau jasa pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi.
5. Perkiraan harga di masa mendatang
Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa mendatang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya.
6. Intensitas kebutuhan konsumen
Bila suatu barang dan jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Biaya produksi
Harga bahancbaku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karna takut tidak laku.
2. Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar lagi.
3. Harga barang pelengkap dan pengganti
Apabila harga barang pengganti mengalami kenaikan maka produsen akan mengalami kenaikan maka produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi konsumsi konsumen akan beralih kebarang pengganti karena harganya lebih murah.
4. Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berdampak naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Gunadarma

Follower